Senin, Desember 28, 2015

Tips Camping Saat Cuaca Buruk

Cuaca yang buruk kadangkala membuat kegiatan mendaki gunung yang kita lakukan terasa begitu mengecewakan. Berbasah-basah sepanjang hari sambil berjalan melewati tanjakan terjal yang licin, tentunya bukanlah hal yang sangat menyenangkan bagi sebagian banyak orang.

Apalagi ketika setelah tiba di tempat camping, hujan masih juga tak kunjung reda, hal ini pastinya akan membuat anda semakin bete. Namun tenang dulu, jangan terlalu larut dalam kekecewaan, ada beberapa tips yang dapat anda lakukan agar tetap nyaman saat camping di tengah cuaca buruk. Inilah 7 tips untuk kenyamanan camping saat cuaca buruk.

  • Jangan Keluar

Tetaplah berada di tempat kering dan hangat, jangan coba-coba untuk keluar bermain hujan-hujanan atau sekedar mengetes peralatan anti air anda. Penting untuk menjaga semua yang anda miliki tetap kering. Sebagus apapun jaket anti air anda, toh tetap akan membawa air saat anda kembali ke dalam tenda dan membuat keadaan tenda anda menjadi basah dan tak nyaman.

  • Membawa Flysheet atau Terpal


Pelajarilah cara memasang flysheet atau terpal yang anda miliki dengan cepat, mudah, dan efisien. Hal ini akan sangat berguna manakala anda mengahapi cuaca buruk saat camping. Ok jika memang anda punya tenda yang besar dan bagus, namun siapa yang mau duduk atau tidur seharian di dalam tenda sambil menunggu hujan reda. Saat anda tiba di lokasi camping, utamakan untuk memasang flysheet atau terpal terlebih dahulu sebagai shelter pelindung hujan.

  • Gunakan Kantong Plastik

Lindungi semua barang penting anda (terutama pakaian dan sleeping bag) dengan dry bag atau kantong plastik. Menjaga semua barang penting anda untuk tetap kering adalah prioritas utama. Gunakan kantong plastik yang besar (misalnya plastik ikan) dan bila perlu gunakan dua lapisan plastik. Pakaian yang basah akan menambah beban anda, selain pastinya tak akan dapat anda gunakan sebagai pakaian ganti yang sangat dibutuhkan saat cuaca buruk.

  • Pilih dan Kenakan Pakaian yang Sesuai

Usahakan untuk tidak memakai pakaian berbahan katun saat cuaca sangat buruk. Katun sulit kering saat basah, hal ini akan berbahaya untuk tubuh anda. Gunakanlah pakaian berbahan sintetis yang cepat kering saat basah atau wool yang hangat.

  • Jaga Tubuh tetap Hangat


Seperti telah disebut diatas, salah satu hal yang akan menjaga tubuh tetap hangat adalah memilih pakaian dengan tepat. Selain itu, pilih juga sleeping bag yang tepat, jangan memilih sleeping bag yang sulit mengering jika sudah basah, sleeping bag jenis ini benar-benar akan sia-sia anda bawa jika telah basah, karena tak dapat anda gunakan.

  • Membuat Api Unggun


Menyalakan api unggun sangat menyenangkan untuk dilakukan saat cuaca sedang buruk dan udara menjadi sangat dingin. Namun pastikan dahulu keamanan api unggun yang anda buat, pastikan api yang dihasilkan tidak akan menyebar, dan pastikan flysheet atau terpal yang anda buat sudah cukup tinggi untuk tidak terbakar api unggun yang anda buat. Satu hal lagi yang perlu diingat, jika tidak tersedia kayu bakar, jangan coba-coba untuk menebang pohon di sekitar, jadilah pendaki yang peduli konservasi dengan tidak merusak alam.

  • Pastikan Kompor Anda Berfungsi dengan Baik


Pilihan terbaik untuk menghadapi cuaca buruk adalah membawa kompor dengan bahan bakar gas atau spirtus. Cek dahulu kompor anda sebelum berangkat camping, pastikan kompor anda dalam keadaan prima dan berfungsi dengan baik. Dan perkirakan kebutuhan bahan bakar yang cukup untuk anda gunakan selama anda camping. Kompor yan tak berfungsi adalah mimpi buruk untuk kegiatan camping yang anda lakukan. Tanpa kompor, tak akan ada makanan dan minuman hangat yang akan menemani anda saat menghadapi cuaca buruk.

source: bluetripper.com

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Get in touch with me


Adress

Cimahi,Bandung,West Java,Indonesia.

Email

rizikhanafi@gmail.com

Website

www.rizikhanafi.blogspot.com